Selasa, 11 September 2012

Memanen Air Hujan

Peningkatan jumlah penduduk yang menyebabkan meningkat pula kebutuhan akan air bersih membuat sebagian besar wilayah Indonesia mengalami krisis air. Ditambah lagi kondisi hutan di Indonesia yang sudah mengalami alih fungsi sebagai permukiman. Salah satu solusi untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan memanen air hujan atau Rain Water Harvesting (RWH).


Apa sih memanen air hujan?

Memanen air hujan diartikan sebagai upaya pengumpulan atau penampungan air hujan atau air aliran permukaan pada saat curah hujan tinggi untuk digunakan pada waktu curah hujan rendah. Definisi lain menyebuatkan memanen air hujan sebagai upaya menampung air hujan untuk kebutuhan air bersih atau meresapkan air hujan ke dalam tanah untuk menanggulangi banjir dan kekeringan.

Memanen air hujan sebenarnya sudah ada sejak lama, bahkan hal ini sudah dilakukan oleh masyarakat Indonesia bahkan dunia, tetapi mungkin belum banyak yang mengetahuinya. Satu metodenya adalah dengan memanfaatkan atap rumah dimana air hujan yang jatuh di atas atap akan dikumpulkan dan ditampung ke tangki atau bak penampung air hujan.

Air hujan pada talang setelah melalui proses penyaringan air masuk ke dalam tangki kemudian dialirkan melalui pipa. Selanjutnya, dengan atau tanpa pompa, air hujan di dalam tangki dapat dimanfaatkan untuk menyiram tanaman, mengepel lantai, menyiram toilet atau mencuci kendaraan.


Selain ramah lingkungan pemanenan air hujan dapat menjadi jalan keluar serta penanggulangan banjir dan kekeringan. Selama musim hujan yang pendek, air dipanen sebanyak-banyaknya demi cadangan air di musim kering. Apalagi ancaman global climate change telah dirasakan pengaruh negatifnya oleh banyak pihak. Jika hal ini didukung dengan upaya penghematan air, maka bencana kekeringan dan banjir yang selalu melanda sebagian masyarakat kita bisa dikurangi. Sehingga kesejakteraan masyarakat dapat ditingkatkan dengan menggalakkan pemanenan air hujan.

Sekarang ini Indonesia akan memasuki masa kemarau, apakah kita sudah mempersiapkan agar tidak terjadi kekeringan? Tidak ada kata telambat untuk memanen hujan. Jika musim hujan datang, mari kita panen air hujan! Buat mencuci kendaraan atau mengepel lantai, kita gak perlu ambil air PAM atau air tanah. Jadi, kita bisa menghemat pengeluaran untuk air.

Yuk kita menampung air hujan!

Sumber :
Senin, 10 September 2012
Senin, 10 September 2012
Senin, 10 September 2012
Selasa, 11 September 2012





Tidak ada komentar:

Posting Komentar